Senin, 30 Desember 2013

SEJARAH SINGKAT PURA “GIRI KERTA BHUANA “ WAIKABUBAK SUMBA BARAT


Pura Giri Kertha Bhuana beralamat di Jalan cedana, RT 10/RW 05, Tanabisa, Kelurahan Sobawawi, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, dibangun di atas tanah seluas 2.909 M2.

Penggagas pendirian Pura yaitu Bapak A.A. MAYUN MATARAM, Bc.IP, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Sumba Barat dan Bapak Mayor Inf. I RAI  KARTA sesepuh Umat Hindu di Kabupaten Sumba Barat.

Pada awalnya tanah tersebut merupakan tanah Khabisu/Ulayat dari Suku TAKU YANGU Kampung Weetabar, Desa Sobawawi, Kecamatan Loli, yang dihibahkan oleh Ketua Suku yang diwakili oleh DJEWU LANGO ama MAGI dan TODA LERO ama LIDA kepada Umat Hindu pada tanggal  15 Oktober  1986.

 Pembangunan Pura dilaksanakan secara bertahap yaitu :
Pembangunan  PADMASANA dan PANGRURAH mulai tanggal 19 Oktober s/d 21 Nopember 1989. Diselesaikan dalam waktu 34 hari. Selanjutnya, pada Tanggal  27 Desember 1989 (Buda Cemeng Keliwon) upacara “melaspas” Pelinggih PADMASANA dan PANGRURAH, sekaligus sebagai Hari Tegak Odalan Pura dan pemberian nama Pura ‘GIRI KERTA BHUWANA”
Tanggal  23  Agustus s/d 10 Nopember 1991,  membangun  KORI AGUNG dan CANDI BENTAR yang diselesaikan dalam waktu 81 hari

Tanggal  27 Nopember  1991 dilakukan upacara “Melaspas” GELUNG KORI dan CANDI BENTAR.

Tanggal  20 April s/d 7 Mei  1993 membangun tembok penyengker dan BALE PAWEDAN/PIYASAN, yang diselesaikan selama 48 hari.

Selanjutnya upacara Ngenteg Linggih dilakukan pada Tanggal 9 Juni 1993

Sampai saat ini, bangunan yang ada di UTAMA MANDALA adalah PADMASANA, Pengrurah, dan Bale Pawedan, di MADYA MANDALA sudah ada bangunan BALE GONG, dan di KANISTA MANDALA bangunan yangsudah ada adalah WANTILAN yang digunakan untuk kegiatan Pasraman, RUANG PERPUSTAKAAN, AREA PARKIR dan PERUMAHAN /MESS.
Sumber:
Kadek Swerta,  SMAN 1 Tikep, Desember 2013
suwerta25nov@gmail.com

1 komentar:

Pura yg asri. Yg tdk akn terlupakan. Pura yg mengajarkan. Aku tentang ajaran' yg benar. Tepatnya. Ajaran agama hindu

Posting Komentar

Kami sangat berterima kasih kepada Anda yang berkenan menyampaikan komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites