Sabtu, 09 November 2013

Keutamaan Menahan Marah (Krodha) Menurut Bhagawad Gita

Tri vidham narakasyedam
dvaran nasanam atmanah,
kamah krodhas tatha lobhas
tasmad etat trayam tyajet (Bhagawad Gita.XVI.21)
[Ada tiga pintu gerbang menuju neraka (jurang kehancuran diri) yaitu kama (hawa nafsu)
Krodha (kemarahan) dan lobha (sifat rakus), oleh karena itu ketiganya harus ditinggalkan]

Latar belakang
Kemarahan menjadi endemis sekarang ini, kemarahan ada dalam buku-buku,  film, di televisi, di sekolah, di rumah bahkan di ruang sidang terhormat sekalipun. Kemarahan ada di sekitar kita.Waspadalah!

Orang mudah sekali marah, hanya karena masalah-masalah yang sepele saja.Orang tidak dapat menahan emosinya dan meluapkan kemarahannya dalam berbagai bentuk yang negatif.

Melihat realita  yang ada di tengah-tengah kehidupan kita seperti itu,  sangat diperlukan sekali upaya-upaya mengendalikan amarah sebagai penyebab pertama malapetaka kehidupan. Tulisan ini membahas tentang beberapa hal antara lain : pengertian marah, tingkatan marah, ciri-ciri marah, penyebab marah, bahaya marah, keutamaan menahan marah menurut Bhagawad Gita dan terapi sederhana mengatasi marah.

Pengertian marah
Dalam bahasa Sanskerta marah disebut krodha sesuai dengan penjelasan sloka Bhagawad Gita  XVI.21 di atas. Kemudian dalam Manawa Dharmasastra  kata krodha diterjemahkan sebagai kemarahan (Pudja,2010:7).
Menurut Stuart dan Sundeen (dalam Purwanto,2006), marah adalah perasaan jengkel yang timbul sebagai respons terhadap kecemasan yang di rasakan sebagai ancaman. Selanjutnya menurut Wayne M. Dyer (1997), marah adalah suatu reaksi terhadap frustasi yang terlatih dimana seseorang  berbuat dengan cara-cara yang sesungguhnya ia tidak menginginkannya. Seseorang yang dalam keadaan  marah tidak dapat mengendalikan perbuatannya.

Berdasarkan teori-teori para ahli di atas maka dapat disampaikan bahwa kemarahan adalah suatu reaksi emosional yang terlatih atau dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana sebenarnya ragam emosi yang kasar itu dapat disingkirkan atau sekurang-kurangnya dapat dikendalikan sehingga tidak menimbulkan berbagai akibat atau bahaya yang fatal,yang akan disesali sepanjang hidupnya.

Tingkatan marah
Ada tiga kelompok pemarah.Pengelompokan mereka itu berdasarkan jenis atau sifat marahnya.

Kelompok pertama, bagaikan kelompok pemahat, membuat garis di atas batu.Garis yang mereka buat hampir abadi. Ratusan tahun kemudian pun, garis itu tetap ada. Kelompok ini selalu menyimpan dendam. Sekali membenci Anda, ia akan selalu membenci Anda. Api amarah dalam diri mereka tidak pernah padam.
Kelompok kedua, bagaikan membuat garis di atas kertas. Garis yang mereka buat tidak permanen, masih bisa di hapus. Ada yang membuat garis dengan pensil, sehingga mudah dihapus. Ada pula yang membuat garis dengan pena, sehingga agak sulit di hapus. Bahkan kadang kala kita harus menggunakan lapisan “tipp-ex” untuk menutupi garis yang telah kita buat. Kelompok ini pun menyimpan rasa dendam, namun hanya untuk beberapa saat.

Kelompok ketiga, adalah kelompok mereka yang sadar, yang tengah menggunakan “amarah” sebagai alat, sebagai sarana untuk menyadarkan kita. Amarah mereka ibarat garis di atas air. Bagaimana Anda bisa membuat garis di atas air? Mereka pun bisa nampak marah, namun amarah mereka tidak pernah berubah menjadi rasa dendam (Krishna,2001).

Ciri-ciri marah 
Ciri-ciri marah yang terjadi pada seseorang dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain sebagai berikut :
  1. Aspek biologis, ditandai dengan denyut jantung meningkat,wajah merah, reflex cepat,nada suara meninggi dan tangan mengepal. Hal ini disebabkan energi yang dikeluarkan saat marah bertambah,
  2. Aspek emosional, seseorang yang sedang marah merasa tidak  nyaman, jengkel, frustasi, dendam, ingin berkelahi, sakit hati dan menuntut,
  3. Aspek sosial, dimana emosi marah sering merangsang kemarahan dari orang lain dan menimbulkan penolakan dari orang lain. Pengalaman marah dapat mengganggu hubungan interpersonal. Amarah bisa menghancurkan suatu tatanan masyarakat,
  4. Aspek spiritual, amarah menghanguskan jiwa dan jiwa yang hangus akan mati terhadap kasih, terhadap pengampunan dan di atas segalanya. Jika api amarah masih bercokol, spiritualitas apa yang dapat kita bicarakan? keagamaan apa yang dapat kita bicarakan?
Penyebab marah
Secara garis besar penyebab marah itu terdiri dari faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik antara lain disebabkan karena kelelahan yang berlebihan, zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan marah,misalnya,jika otak kurang mendapat zat asam,orang tersebut akan lebih mudah marah . Dan pada sebagaian wanita yang sedang menstruasi juga lebih mudah marah.

Faktor psikis ini erat kaitannya dengan kepribadian seseorang seperti rasa rendah diri (minderwaar digheld complex), yaitu menilai dirinya sendiri lebih rendah dari yang sebenarnya. Kemudian sifat sombong (superiority compelx),yaitu menilai dirinya sendiri lebih dari kenyataan yang sebenarnya. Jadi merupakan kebalikan dari sifat rasa rendah diri.Selanjutnya adalah sifat egois atau terlalu mementingkan diri sendiri, yang menilai dirinya sangat penting melebihi kenyataan. Orang yang bersifat egois akan mudah marah karena selalu terbentur pada pergaulan sosial  yang bersifat apatis (masa bodoh), sehingga orang yang egois tersebut merasa tidak diperlukan dengan semestinya dalam pergaulan sosial. Mereka biasanya diselimuti rasa marah yang berkepanjangan.

Bahaya marah
Saat seseorang marah, ia mengaktifkan beberapa kelenjar dalam tubuhnya. Hal ini menyebabkan terjadinya kelimpahan adrenalin dan beberapa hormon stress lainnya dengan efek yang nyata pada fisik Anda.
        
Para ahli berpendapat bahwa mereka yang sering marah mempunyai risiko serangan jantung yang lebih tinggi, stroke, depresi, maag, insomnia dan kelelahan. Amarah juga berakibat hilangnya nafsu makan, tergangunya pencernaan serta terganggunya otot dan syaraf selama berjam-jam atau bahkan  berhari-hari. 
Menurut para periset di AS, bahwa semakin sering Anda marah, semakin memperpendek usia Anda. Kemarahan dan emosi tinggi lainnya dapat memicu irama jantung mematikan.Selanjutnya hasil penelitian Harvard Medical School menjelaskan bahwa marah menyebabkan serangan jantung dan stroke.Orang yang paling mudah marah berpeluang tiga kali lipat untuk memiliki penyakit jantung. Marah-marah pada usia muda merupakan prediktor yang baik terhadap serangan jantung di hari tua. Semakin tinggi marahnya, semakin tinggi risikonya. Berhati-hatilah! Intinya sifat marah sangat merugikan bagi kesehatan kita.
        
Amarah yang lebih gamblang dikemukakan oleh Charles W. Sheed (dalam Purwanto, 2006) "tiga menit marah akan melemahkan kekuatan dan lebih cepat dari pada delapan jam bekerja" (three minutes of anger will sop your strength quicker than eight hour of work). Hal ini terjadi  karena marah membebankan ketegangan luar biasa pada tubuh seseorang. Ketika seseorang marah, darahnya membanjiri otot-otot utama pada tangan dan kaki sehingga ia memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada biasanya. Tetapi sebaliknya, persediaan darah pada otaknya banyak berkurang sehingga ia dapat lupa diri dan melakukan hal-hal yang destruktif. Perbuatan tersebut kemudian disesalinya setelah ia sadar diri atau tenang kembali.

Marah tumbuh dari gejolak darah dalam hati, marah menyeret seseorang mengumpat orang lain, bahkan melecehkan kehormatan, merampas harta orang lain, dan mengakibatkan pertumpahan darah.

Bhagawad Gita II.63 menjelaskan betapa bahayanya bila amarah berkecamuk  dalam diri seseorang.  Demikian pesannya.

Krodhadbhavati sammohah,sammohat smrti vibhramah,smrti bhramsad buddhi naso, buddhi nasat pranasyati
[dari amarah timbul kebingungan, dari kebingungan hilang ingatan, dari hilang ingatan akan menghancurkan penalaran, dari kehancuran penalaran membawanya pada kemusnahan].
Pada saat marah akal seolah-olah tertutup,dan kita menjadi bingung, pada saat bingung inilah kita tidak mampu mengendalikan diri.

Keutamaan menahan marah      
Mengingat betapa buruknya sifat marah, Bhagawad Gita memerintahkan agar kita meredamnya atau mengendalikannya.Berikut ini sloka-sloka dari Bhagawad Gita (BG) yang menjelaskan tentang keutamaan menahan marah.

1.  Pengendalian marah mempunyai manfaat memelihara kemampuan berpikir manusia dan mengambil keputusan yang benar dan bijaksana.

Duhkhesv anudvigna manah sukhesu vigata sprhah, vita raga bhaya krodhah sthita dhir munir ucyate (BG.II.56), artinya orang yang tidak sedih dikala duka dan tidak kegirangan dikala bahagia, bebas dari nafsu dan amarah, ia disebut orang yang bijaksana
2.     Dengan mengendalikana amarah bisa memperoleh kebahagiaan sebagai seorang yogi.
Saknotihaiva yah sodhum prak sarira vimoksanat, kama krodhodbhavam vegam sa yuktah sa sukhi narah (BG.V.23), artinya dia yang mampu menahan kecendrungan keinginan dan amarah di dunia ini sebelum meninggal jasad raganya ia adalah seorang yogi, dia adalah orang yang bahagia. Seorang yogi itu seperti lampu di tempat tidak berangin nyalanya tidak mengerdip, demikian pula dalam mengendalikan amarah tidak tergoyahkan.
3.     Dapat mengendalikan amarah, merupakan harta yang tidak ternilai dari seseorang yang dilahirkan dasi sifat-sifat Dewata .

Ahimsa  satyam akrodhas tyagah santir apaisunam,daya bhutesv aloluptvam mardavam hrir acapalam (BG.XVI.2), artinya Tidak menyakiti, bebas dari nafsu amarah tenang,tidak memfitnah, kasih sayang pada semua mahluk, lemah lembut, sopan dan berketetapan hatiSloka berikutnya ”Tejah ksama dhrtih saucam adroho na timanita, bhavanti sampadam daivim abhijatasya bharata”(BG.XVI.3) artinya suka memaafkan, teguh iman, semua ini adalah harta dari dia yang dilahirkan dengan sifat dewata,

4.     Yang mampu mengendalikan amarah layak mencapai Brahman.

Ahamkaram  balam darpam kamam krodham  parigraham,vimucya nirmamah santo brahma bhuyaya kalpate (BG.XVIII.53), artinyasetelah membuang jauh-jauh keakuan, kekerasan, nafsu amarah dan penuh kedamaian, ia layak mencapai Brahman.
Menjadi manusia bijaksana, seorang yogi, kelahiran Dewata dan manusia yang layak mencapai Brahman adalah  keutamaan dari menahan marah atau mengendalikannya . Hal ini perlu kita jadikan bahan renungan dalam kehidupan sehari-hari.

Terapi sederhana
Hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan bila sedang marah adalah berjalan sambil mengucapkan doa (baca mantra). Kedengarannya menyederhanakan  masalah, tetapi cobalah pergi berjalan sambil mengucapkan nama suci Tuhan/Hyang Widhi di dalam hati. Dan Anda akan menemukan bahwa hubungan antara irama nafas Anda, irama langkah kaki Anda dan irama mantra mempunyai pengaruh besar pada kesadaran Anda.

Barangkali Anda tidak selalu mempunyai kesempatan untuk berjalan, tetapi Anda dapat mengucapkan mantra setiap saat. Anda bisa menyebutkan mantra Gayatri, Om, Rama, Krishna, Om Namah Siwaya atau yang lainnya secara berulang-ulang dalam hati agar amarah Anda segera reda.

Adalah Thomas Jefferson (dalam Easwaran, 2001) pernah mengatakan “Bila Anda marah, ulangi mantra sepuluh kali sebelum Anda berbicara, bila Anda sangat marah , ulangi seratus kali,dan bila Anda sangat benci, ulangilah selama mungkin”  inilah waktu untuk berdoa kepada Tuhan/Hyang Widhi.

Sementara Maxwell Maltz, menyarankan tiga cara mencegah kemarahan antara lain: pandanglah cermin dan lihatlah wajah Anda yang sedang marah, hilangkan energi yang meledak dengan aktifitas yang positif, misalnya, membaca, bercocok tanam, menyanyi dan olahraga.

Saran berikutnya adalah lakukanlah relaksasi sebagai salah satu terapi mengendalikan amarah.Relaksasi dapat menurunkan ketegangan. Setelah merasa rilek lakukanlah meditasi 10-15 menit  maka Anda akan memasuki kehidupan baru penuh kedamaian.

Terapi yang penulis sebutkan di atas seperti berdoa sambil berjalan, melihat cermin, melakukan aktifitas yang positif , relaksasi dan meditasi adalah terapi yang  mudah dan murah untuk dilakukan oleh siapa pun juga. Anda perlu mencobanya, semoga berhasil.

Penutup
Potensi kemarahan sebenarnya sudah dimiliki manusia sejak lahir. Sebelum bayi belajar bicara, emosi seperti gembira, takut, malu, heran, dan marah sudah ada dalam dirinya. Marah adalah reaksi terhadap sesuatu yang sesungguhnya kita tidak menginginkannya. Sifat marah merugikan diri sendiri baik dari segi biologis, emosional, sosial, spiritual dan kesehatan. Bahkan Bhagawad Gita XVI.21 menjelaskan bahwa kemarahan (krodha) adalah pintu gerbang neraka yaitu gerbang menuju kehancuran. Untuk itu, sedapat mungkin kita bisa mengendalikan amarah tersebut sebelum kita dikendalikan oleh amarah. Dengan mengendalikan amarah kita sudah melakukan tapa (pengendalian lidah). Dalam Atharvaveda XI.2 disebutkan ”Tapas cawa astam karma ca antar mahati arnawe”(pengendalian diri  dan keteguhan hati adalah satu-satunya juru selamat di dunia dan akhirat). Inilah Dharma sesungguhnya.

Daftar Pustaka
Easwaran,Eknath (2002).Sayap-Sayap Rajawali. Jakarta:PT. Garamedia Pustaka Utama.
Krishna,Anand(2001). Bersama J.P.Vaswani Menggapai Hidup Damai dan Ceria. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.
Pudja,Gede (2005). Bhagawad Gita (Pancama Weda). Surabaya: Paramita.
Pudja,Gede (2010). Manawa Dharmasastra (Manu Dharmasastra) atau Veda Smrti. Surabaya:Parami.ta
Purwanto,Yadi& Mulyono,Rachmat (2006). Psikologi Marah Persfektif Psikologi Islam. Bandung: PT.Refika Aditama.
Wiana, I Ketut (1997). Beragama Bukan Hanya di Pura. Denpasar:Yayasan Dharma Naradha.
http://www. ilmupsikologi.com/?=359 (28 Pebruari 2012)

Tulisan kontribusi: I Wayan Alit Sudarma, Penyuluh Hindu pada Kanwil Kemenag Prov. NTT, way_sudarma@yahoo.co.id

1 komentar:

NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ Terbaik di masanya

Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : Facebook
WHATSAPP : +855962012702
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
agen bandarq terbaik
Winner NagaQQ
Daftar NagaQQ

Posting Komentar

Kami sangat berterima kasih kepada Anda yang berkenan menyampaikan komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites